BLOG

Memory of

a Lifetime.

Tips Memulai Kebiasaan Jogging yang Sesuai Ketika Menginjak Usia 40-an

Jogging menjadi jenis olahraga yang sering dipilih sebagai upaya untuk menjaga kebugaran. Apalagi, jogging memiliki banyak manfaat seperti menguatkan jantung dan otot, meredakan stres, ataupun meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya saja, bagi sebagian orang, terutama untuk kamu yang sudah menginjak usia 40-an, joggingbukanlah olahraga yang mudah.


Saat berusia 40 tahunan, tubuh kamu sudah tidak lagi sebugar seperti ketika berumur 20 tahunan. Namun, hal tersebut seharusnya tidak membuat niatanmu untuk memulai olahraga jogging pudar. Dengan langkah yang tepat, kamu bisa memulai untuk membiasakan joggingsebagai upaya untuk menjaga kebugaran tubuh.


Ada 5 tips yang perlu kamu perhatikan dalam upaya membiasakan jogging ketika berada di usia 40 tahunan, yaitu:


1. Lakukan persiapan matang



Langkah persiapan menjadi tahap awal yang penting kamu lakukan sebelum memulai jogging. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa perlengkapan agar jogging bisa terasa nyaman. Beberapa peralatan yang wajib kamu sediakan di antaranya adalah sepatu dan kaus kaki lari, celana serta t-shirt yang nyaman.


2. Jogging minggu pertama



Setelah persiapan sudah lengkap, kamu dapat memulai aktivitas jogging pertama. Pada minggu pertama memulai jogging, kamu bakal mendapati nyeri otot di beberapa bagian. Kondisi seperti ini cukup lumrah. Hal yang perlu kamu perhatikan, jangan melakukan jogging minggu pertama secara berlebihan yang kemudian bisa berakibat cedera.


Untuk meminimalkan cedera saat jogging, kamu bisa terlebih dahulu melakukan pemanasan selama beberapa menit. Kamu juga tidak perlu terburu-buru lari dengan kecepatan tinggi saat jogging. Cukup dengan lari pada kecepatan rendah. Kalau merasa lelah, kamu bisa beristirahat sekitar 2 atau 3 menit.


Ketika kamu sudah terbiasa jogging, kamu bisa meningkatkan intensitas lari. Sedikit demi sedikit, kamu perlu mengurangi waktu istirahat atau berjalan ketika jogging. Ketika menginjak minggu kelima, kamu tidak akan mengalami kesulitan lagi dan dapat joggingtanpa perlu berjalan atau istirahat.


3. Sumber motivasi jogging



Selanjutnya, kamu juga perlu menemukan motivasi yang terus mendorong kamu untuk tetap melakukan aktivitas ini. Sebagian orang senang melakukan jogging sambil mendengarkan musik. Selain itu, ada pula orang yang memilih untuk menikmati pemandangan sekitar.

<