BLOG

Memory of

a Lifetime.

Tambah Pengetahuanmu dengan Membaca Buku di Library and Lounge

Orang yang akan menguasai masa depan adalah mereka yang tidak berhenti belajar. Sementara orang yang berhenti belajar hanya menguasai masa lalu.


Nasihat tersebut benar adanya mengingat zaman yang senantiasa berubah setiap waktu. Baru kemarin kita harus keluar jauh untuk mendapatkan makanan, sekarang kita sudah bisa memesannya secara online.


Agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman, sangat penting bagi kita untuk meong-upgrade wawasan. Lengkapi momen upgrade diri dengan melakukan hal-hal produktif dan belajar banyak hal dari berbagai sumber. Dengan kemajuan teknologi, tentunya kegiatan ini juga bisa dilakukan melalui internet.


Cara Asyik Agar Wawasanmu Bertambah


Menambah wawasan sebenarnya tidak membosankan. Kegiatan ini bukanlah hal yang menuntut kita untuk fokus dan memberikan komitmen besar. Dengan berjalan sambil memaknai setiap langkah dan memperhatikan sekeliling, sebenarnya wawasan telah bertambah.


Dari penjelasan tadi, meningkatkan wawasan berarti melakukan setiap hal secara bermakna, termasuk melakukan hobi yang kita tekuni. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama teman, lho. Berikut beberapa cara asyik untuk meningkatkan wawasan.


Baca Majalah


Menambah wawasan

Bagi orang yang suka membaca, membaca buku adalah hal yang menyenangkan. Ketika semua orang sedang sibuk dengan tugas dan pekerjaan, kita bisa meluangkan waktu membaca buku atau majalah.


Banyak orang membaca majalah sebagai kegiatan santai untuk meredakan ketegangan dan menyegarkan pikiran. Majalah berisi banyak gambar dan warna yang memacu otak kita untuk berpikir kreatif. Selain itu, artikel-artikel yang ada di sana jarang bisa kita peroleh dari sumber lain.


Berpikiran Terbuka


Menambah wawasan

Ini adalah cara terpenting yang harus dilakukan agar wawasan kita bertambah. Jika kita merasa pengetahuan yang kita peroleh sudah cukup, bahkan sudah merasa tahu segala hal, kita akan sulit menambah wawasan. Orang yang merasa serba tahu bisa diibaratkan seperti cangkir yang tertutup rapat. Nah, bagaimana bisa kita mengisi cangkir itu tanpa membuka tutupnya?


Oleh karena itu, kita perlu membuka pikiran. Membuka pikiran berarti memberikan kesempatan bagi segala sudut pandang untuk ikut bersuara. Dengan mempertimbangkan segala sisi, kita bisa melatih diri kita untuk mempertimbangkan suatu hal dari berbagai sudut pandang.


Berdiskusi dengan Teman


Menambah wawasan

Agar bisa berpikiran terbuka, kadang kita membutuhkan bantuan teman. Berdiskusi adalah cara terbaik dalam menampung semua sudut pandang. Selain itu, teman diskusi kadang membagikan pengetahuan yang belum kita tahu sebelumnya.


Kegiatan berdiskusi juga melibatkan tukar pendapat. Semakin banyak orang yang kita ajak diskusi, semakin banyak ilmu yang akan diperoleh. Dari tukar pendapat ini, kita bisa mendapatkan masukan untuk mengembangkan diri.


Memperbanyak Teman


Menambah wawasan

Dengan bersikap ramah, supel, dan mudah bergaul, kita dapat menjalin hubungan sosial dengan banyak orang. Dengan begitu, kemampuan komunikasi dan bahasa pun bertambah seiring dengan meluasnya lingkaran sosial. Belum lagi kalau beberapa orang mengajak kita bekerja sama dalam proyek mereka. Cara memperbanyak teman juga tidak terlalu sulit. Kamu bisa menemukan teman baru di komunitas hobi maupun tempat umum seperti kafe dan perpustakaan.


Baca Buku


Menambah wawasan

Kita menyadari bahwa buku merupakan jendela dunia. Kita dapat belajar banyak hal dari buku dan ilmu yang kita dapat dari buku tidak akan berhenti. Akan selalu ada ilmu baru dari buku baru yang dibaca.


Belajar dari Internet


Menambah wawasan

Kegiatan belajar tidak hanya di sekolah, tetapi di mana saja: ketika mendaki gunung, duduk di pojok taman, dan menikmati gerimis. Ketika buku bukanlah pilihan yang murah, belajar dari internet adalah alternatif terbaik. Di sana kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang kita butuhkan. Begitu memasukkan kata kunci yang ingin kita cari ribuan artikel muncul di mesin pencarian.


Pentingnya Membaca Buku


Menurut berbagai penelitian, membaca buku memiliki berbagai manfaat selain menambah wawasan. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa buku adalah makanan bagi otak. Maka, sesibuk apa pun kita, sisihkanlah waktu untuk melakukan kegiatan mengasyikkan ini. Berikut adalah beberapa manfaat baca buku.


Menstimulasi Otak


menambah wawasan

Baca buku adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi dan kinerja otak. Ada banyak proses yang terjadi di otak dalam kegiatan ini seperti menerjemahkan rangkaian huruf menjadi informasi bermakna kemudian memproses informasi itu dengan seluruh informasi lain yang ada dalam otak. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kegiatan membaca dapat mencegah terjadinya demensia dan Alzheimer.


Meredakan Stres


menambah wawasan

Buku yang ringan bisa menjadi obat pereda stres di kala terjebak rutinitas yang menjenuhkan. Buku fiksi adalah andalan semua orang dalam menghabiskan waktu dengan tenang. Semakin menyenangkan alur sebuah cerita, semakin ampuh buku itu dalam menjadi tempat pelarian dari stres.


Memahami Orang Lain


Ketika sedang memahami sebuah tulisan, artinya kita sedang berusaha memahami isi pikiran si penulis. Secara tidak langsung kegiatan ini dapat melatih kita dalam memahami orang lain. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin baik keterampilan kita dalam memahami orang lain.


Meningkatkan Memori


menambah wawasan

Untuk mendapatkan wawasan, tentunya kita perlu mengingat informasi baru yang kita pelajari. Semakin sering melatih otak untuk mengingat, semakin mudah kita mengingat yang dapat mempertajam ingatan.


Melatih Keterampilan Berpikir dan Menganalisis


menambah wawasan

Buku fiksi maupun non fiksi selalu memiliki alur yang mengarahkan pembaca ke sebuah tujuan atau pesan yang ingin disampaikan. Alur yang jelas dapat melatih keterampilan pembaca dalam berpikir secara sistematis. Runutnya sebuah tulisan dapat melatih kemampuan analisis pembaca.


Meningkatkan Konsentrasi


menambah wawasan

Kadang kala membaca bisa membuat kita lupa pada lingkungan sekitar. Saat itulah pikiran kita tengah berkonsentrasi pada bacaan. Oleh karena itu, semakin sering berkonsentrasi membaca buku, konsentrasi kita bisa semakin terlatih.


Melatih Menulis Baik


menambah wawasan

Saat ini kemampuan menulis sangat diperlukan. Pasalnya, setiap orang butuh menulis surat, pesan, tugas, dan laporan. Tanpa membaca, kita tidak bisa menulis dengan baik sehingga sebuah pesan tidak dapat tersampaikan dengan semestinya. Agar bisa menulis dengan baik, kita perlu rutin melatihnya dan menggunakan sumber belajar berupa buku berkualitas sebagai referensi.


Sebenarnya manfaat baca buku tidak hanya terbatas pada hal di atas. Ada banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ini seperti menambah kosa kata, membuat kita memahami dunia luar, dan meningkatkan empati.


Asyiknya Baca Buku di Library and Lounge


Jika memiliki unit di Grand Shamaya, kita bisa menikmati momen upgrade diri dengan membaca di library and lounge. Tempat ini merupakan salah satu fasilitas dari sekian banyak fasilitas mewah yang disediakan oleh pengembang.


Di tempat ini, kamu bisa baca buku sambil menikmati camilan dan minuman enak. Pasalnya, fasilitas kekinian ini menggabungkan antara kenyamanan dan keheningan sebuah perpustakaan dengan kehangatan cafe. Tentunya akan lebih menarik jika mengajak serta teman dan berdiskusi di sana.


Tidak hanya itu, tempat ini memiliki pemandangan air terjun yang menenangkan. Jadi, sambil berdiskusi mengenai sebuah proyek atau acara, kamu bisa menenangkan diri dan mendapatkan inspirasi dari menikmati pemandangan yang jarang ditemui di kota besar seperti Surabaya.


Buku yang Asyik dan Seru untuk Dibaca


Mencari buku berkualitas dan mengena di hati bisa dibilang cukup sulit. Namun, bukan tidak mungkin menemukan beberapa buku asyik dan seru di Library and Lounge Grand Shamaya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku asyik dan seru yang harus kamu baca.


A Brief History of Time oleh Stephen Hawking


momen upgrade diri

Sebagai seseorang yang telah divonis lumpuh dan hanya memiliki sisa hidup dua tahun, Stephen Hawking masih mampu merampungkan studi S3 bidang Theoretical Physics dan menyelesaikan buku ini. Buku yang pertama kali diterbitkan pada 1988 membuat semua orang tercengang dengan penemuannya yang bisa menjawab salah satu misteri terbesar manusia tentang alam semesta dengan memaparkan jejak sejarah dunia hingga bisa menjadi seperti saat ini. Buku ini sangat disarankan bagi pencinta ilmu Fisika.


Guns, Germs, and Steel oleh Jared Diamond


momen upgrade diri

Berbicara soal buku berkualitas, ini adalah salah satu buku yang wajib dibaca oleh semua orang. Dalam buku ini, Jared Diamond memaparkan bagaimana bangsa Eropa bisa lebih maju daripada masyarakat benua lain.


Menurut Jared, hal ini berawal dari pertanian serta distribusinya. Bahan pangan adalah komoditas utama dalam kehidupan. Tanpa bahan pangan yang cukup, sebuah negara tidak akan lanjut berkembang. Di samping itu, bentuk geografis sebuah negara juga turut membawa pengaruh. Buku ini sangat disarankan untuk anak IPS dan pencinta sejarah pada umumnya.


Bumi Manusia oleh Pramoedya Ananta Toer


momen upgrade diri

Indonesia memiliki sebuah buku fiksi menarik yang masih terbit hingga sekarang. Sejak awal terbitnya di tahun 1975 hingga sekarang, buku ini masih relevan. Sebagian orang mungkin menganggap buku ini adalah cerita cinta seorang pribumi pada Noni Belanda. Namun, ada pula yang menyatakan ini adalah sebuah cerita fiksi berbumbu sejarah yang cukup banyak mengkritik pemerintah dan membahas fenomena-fenomena politis. Jika ingin mengetahui gambaran Indonesia pada waktu itu, kamu wajib banget baca buku ini.


Catatan seorang Demonstran oleh Soe Hok Gie


momen upgrade diri

Ingin tahu apa yang terjadi pada pelengseran kekuasaan Soekarno? Siapa saja yang berada di balik kejadian itu? Buku ini merupakan buku harian Soe Hok Gie yang berisi kegelisahannya melihat keadaan negara yang penuh ketidakadilan. Ia juga aktif membaca berbagai buku filsafat, sastra, dan sejarah ketika masih SMA. Seluruh gagasan dan fenomena yang dilihatnya setiap hari membuatnya bangkit bersama pemuda-pemuda lain untuk menggulingkan kekuasaan yang ia anggap korup pada saat itu.


Alasan Kenapa Kamu Harus Mengembangkan Diri


momen upgrade diri

Dunia itu terus berubah. Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dunia, kita perlu memiliki momen upgrade diri. Tanpa momen ini, kita akan tersingkir dari persaingan dunia yang begitu ganas. Agar tidak tersingkir, ketahui pentingnya pengembangan diri berikut ini.


Sadar Diri


Dari setiap usaha dalam mengembangkan diri, kita akan menemukan kekurangan yang baru diketahui setelah belajar banyak hal. Dari kesadaran ini, kita bisa tahu kelebihan yang harus dioptimalkan dan kekurangan yang harus diperbaiki.


Tujuan Lebih Terarah


Menyadari kelebihan dan kekurangan dapat membantu kita menentukan langkah selanjutnya. Jika ada kekurangan dalam diri yang menghambat kita menggapai tujuan, berarti kita harus memperbaiki kekurangan itu dulu sebelum meneruskan langkah.


Motivasi Diri


Mengetahui kelebihan diri dapat dijadikan motivasi agar menjadi pribadi yang lebih baik. Motivasi tersebut juga diperlukan ketika kita merasa kurang percaya diri dan kurang memiliki kemauan untuk bertindak. Dengan kesadaran akan kelebihan, kita menjadi lebih bersemangat dalam melakukan apa pun.


Pembuka Peluang Karier


Memiliki kelebihan di bidang tertentu akan membuka peluang karier bagi kita. Meningkatnya keterampilan sejalan dengan meningkatnya jabatan dan terbukanya peluang karier yang lebih bagus. Siapa sih yang mau menolak orang andal?


Mampu Beradaptasi


Berkembang juga berarti beradaptasi terhadap perubahan. Kemampuan ini menjadi penting agar tidak tergerus oleh zaman yang selalu berubah. Dengan menginvestasikan diri pada perubahan, artinya kita siap menghadapi kenyataan masa depan kapan saja.


Percaya Diri


Mengetahui kemampuan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri tersebut membuat kita fokus mengoptimalkan potensi tersebut hingga menjadi sesuatu yang bernilai dalam hidup, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.


Hubungan Sosial Lebih Baik


Kegiatan pengembangan juga meliputi pengembangan kemampuan bersosial. Orang yang memiliki kemampuan bersosial tinggi dapat lebih mudah bergaul dan menguasai cara berkomunikasi dengan baik. Pada akhirnya, hubungan sosial yang baik akan membawa pengaruh yang baik dalam banyak aspek kehidupan.