BLOG

Memory of

a Lifetime.

Menjaga Gaya Hidup Sehat dengan Bersepeda Rutin

Anda merasa mudah lelah? Merasa tubuh terasa berat, pikiran sumpek, tetapi tak ada masalah kesehatan? Bisa jadi hal itu berawal dari kurangnya gaya hidup sehat. Masyarakat modern, terutama yang tinggal di kota besar memang punya gaya hidup yang tak seimbang. Terlalu banyak bekerja, terlalu sering nongkrong, kurang tidur, dan lupa berolahraga.


Konsumsi vitamin saja tidak cukup untuk membuat tubuh tetap prima. Olahraga wajib dilakukan setidaknya seminggu sekali di sela-sela kesibukan.


Pentingnya Berolahraga Secara Rutin


gaya hidup sehat

Begitu banyak nasihat mengenai pentingnya berolahraga. Namun, mengapa olahraga penting buat tubuh? Mari kita simak beberapa manfaat olahraga bagi tubuh.


Olahraga membantu proses sekresi


Saat berolahraga, maka keringat pun begitu mudah keluar. Keringat selalu identik dengan hal-hal negatif, seperti kuman dan kotoran. Padahal, keringat itu adalah hal penting buat tubuh.


Keringat membuat tubuh mampu bekerja secara normal. Ia adalah cara bagi tubuh untuk membuang kotoran serta melembapkan kulit. Bayangkan, jika tubuh tidak berkeringat, panas di tubuh tak akan keluar. Akibatnya? Tubuh pun akan merasakan demam tinggi, dan saraf bisa rusak karenanya.


Jika Anda terlalu sering berada dalam ruangan berpendingin, sempatkanlah berolahraga. Tubuh mungkin bisa mengeluarkan kotoran melalui urine. Namun, itu tidak cukup untuk menyeimbangkan suhu tubuh dan mengeluarkan seluruh kotoran dalam tubuh.


Olahraga Bisa Membakar Lemak


Ini bukan perkara tubuh langsing saja. Nyatanya, terlalu banyak lemak di dalam tubuh bisa mengundang banyak penyakit. Contohnya seperti jantung koroner, obesitas, sampai kolesterol.


Anda tentu mau menghabiskan hidup dengan tubuh yang bugar, bukan? Penyakit, terutama yang berhubungan dengan lemak, menurunkan kualitas hidup. Anda layak mendapatkan hidup terbaik, maka, olahragalah untuk membakar lemak dalam tubuh, dan menjauhkan diri dari segala penyakit.


Bonusnya, tubuh pun akan kembali ke ukuran ideal, dan ini mempermudah Anda untuk beraktivitas serta membeli busana untuk tubuh Anda.


Olahraga Meningkatkan Kebahagiaan


Adakah hubungan antara olahraga dengan kebahagiaan? Tentu saja ada! Saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati membaik!


Untuk itu, olahraga juga sering menjadi salah satu elemen yang disarankan bagi penderita stres berat dan depresi.


Jika Anda merasa stres berlebih, selain berkonsultasi pada ahlinya, disarankan untuk olahraga. Cobalah luangkan waktu, dan lihatlah perubahannya pada kehidupan Anda.


Menjaga Kinerja Jantung


Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting. Pernahkah Anda dengar mengenai istilah silent killer? Gagal jantung adalah salah satunya. Orang yang sehat bisa tiba-tiba menjemput ajal lantaran gagal jantung.


Ada banyak penyebab gagal jantung, salah satunya kurang berolahraga atau terlalu ekstrem beraktivitas. Olahraga rutin menjaga kinerja jantung menjadi seimbang, sehingga, jantung tidak kaget saat Anda beraktivitas berat.


Begitu banyak keuntungan berolahraga untuk diri Anda. Namun, bagaimana jika Anda tinggal di perumahan vertikal kota besar? Tenang saja, Anda bisa berolahraga di mana saja, termasuk jika Anda tinggal di hunian vertikal yang identik dengan ruang terbatas.


Kiat Berolahraga di Sela-Sela Kesibukan


gaya hidup sehat

Tidak punya waktu untuk olahraga? Masalah ini banyak sekali ditemui warga modern. Apalagi, saat ini kaum milenial banyak yang menghuni rumah-rumah vertikal alias apartemen.


Berolahraga atau tidak, sebetulnya tergantung dari kemauan. Nah, apakah Anda bingung mengatur waktu untuk berolahraga? Kami punya kiat jitu berolahraga di sela jam sibuk:


Batasi Waktu Nongkrong


Tahukah Anda?


Aktivitas nongkrong mungkin mampu mereduksi stres, lantaran saat nongkrong, Anda bisa bersantai sekaligus bersosialisasi. Namun wajib diingat kalau nongkrong juga sering jadi sumber masalah kesehatan makan.


Beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan dari aktivitas nongkrong antara lain seperti obesitas, insomnia, serta penyakit gula. Ya, saat nongkrong, Anda cenderung memesan banyak camilan yang kebanyakan tinggi kadar gula.


Tak masalah meluangkan waktu buat nongkrong, namun ada baiknya untuk mengganti waktu nongkrong kita untuk berolahraga. Atau, Anda bisa mengajak kawan dekat buat nongkrong sambil berolahraga. Stres mereda, tubuh sehat, kantong pun jadi ikut hemat!


Perkuat Niat di Akhir Minggu


Akhir minggu tenang, tanpa pekerjaan tambahan, ditambah dengan tontonan apik video-on-demand membuat rasa mager mudah datang tanpa diundang. Namun, kalau Anda sudah meneguhkan niat, semua hal bisa dilakukan, termasuk olahraga.


Ketika Anda tinggal di apartemen, seperti Grand Shamaya Surabaya, berolahraga justru jadi lebih mudah! Terdapat banyak fasilitas olahraga di apartemen, seperti trek jogging serta sepeda dan pusat kebugaran.


Jika niat belum bulat, bayangkan beberapa hal yang mampu memotivasi Anda. Misalnya, tubuh ideal para model majalah kesehatan, masa pensiun yang indah, atau bahkan gebetan yang pastinya akan semakin kagum jika Anda memiliki gaya hidup sehat dan bentuk tubuh yang ideal.


Istirahat Yang Cukup

Anda tidak direkomendasikan buat berolahraga dalam keadaan lelah. Jadi, lupakan keinginan buat olahraga usai pulang kantor.


Nyatanya, ada banyak kasus permasalahan jantung akibat olahraga di malam hari. Hal itu terjadi lantaran tubuh kita sedang dalam kondisi lelah. Apalagi, sepulang kerja.


Waktu terbaik buat berolahraga adalah pada saat sedang libur, atau sebelum berangkat kantor. Anda bisa bangun pagi, berolahraga sejenak, kemudian beraktivitas seperti biasanya.


Atau, Anda bisa berolahraga di akhir minggu, lalu tidur untuk memulihkan tubuh dari rasa lelah. Bukankah ini lebih menyenangkan?


Mencari Lokasi Tepat


Lokasi juga mempengaruhi suasana hati dalam berolahraga, lho! Tempat yang asri, penuh pepohonan, dan juga rapi akan membuat aktivitas ini semakin menarik buat dilakukan. Terlebih lagi, pepohonan yang rindang mampu meningkatkan kualitas oksigen yang Anda hirup. Ini membuat proses berolahraga jadi lebih maksimal, tidak membuat Anda mudah lelah.


Grand Shamaya Surabaya misalnya, menyediakan lokasi-lokasi terbaik untuk berolahraga. Jika Anda memilih untuk tinggal di Grand Shamaya, olahraga bukan hal menyebalkan untuk dilakukan. Grand Shamaya mendukung Anda untuk melakukan olahraga apa saja : mulai dari yoga, jogging, fitness, sampai dengan bersepeda.


Lupakan Ponsel Untuk Sejenak


Harus diakui bahwa ponsel mampu menghipnotis kaum muda untuk tidak melakukan apa pun kecuali menatap layar ponsel.


Terlalu banyak berkutat dengan ponsel membuat Anda menunda banyak hal, salah satunya olahraga. Anda merasa malas untuk memulai aktivitas sehat ini dan lebih memilih buat asyik main ponsel.


Teguhkan niat buat berolahraga, lupakan ponsel selama kurang lebih satu sampai dengan dua jam dalam sehari. Tak perlu takut missing out alias ketinggalan berita. Ingat, sesekali menyentuh dunia nyata itu baik bagi Anda.


Matikan sinyal ponsel, dengarkan lagu favorit yang sudah diunduh dari Spotify atau App Store. Lalu, berolahragalah sambil menikmati suasana sekaligus lagu-lagu yang berdendang. Berolahraga sambil main ponsel tidak hanya membuat otot leher mudah lelah, tetapi juga menurunkan konsentrasi Anda.


Salah satu olahraga yang bisa dinikmati sambil mendengarkan musik adalah bersepeda. Menikmati suasana sekitar sambil mengayuh pedal dan mendengarkan musik favorit merupakan alternatif terbaik untuk membuat tubuh jadi sehat dan mengurangi stress, lho.


Bersepeda Sebagai Pilihan Olahraga Terbaik Kaum Urban


gaya hidup sehat

Apakah Anda masih bingung memilih olahraga terbaik untuk kaum sibuk seperti Anda? Kami punya satu rekomendasi olahraga yang menyenangkan dan ekonomis : bersepeda.


Aktivitas bersepeda bisa jadi mahal, bisa juga murah. Tentu itu tergantung dari sepeda yang Anda beli. Jika membeli sepeda yang harganya terjangkau, aktivitas ini tidak menguras kantong, kok.


Mengapa sih, bersepeda sangat dianjurkan buat kaum pebisnis yang sibuk? Ada banyak manfaat bersepeda untuk tubuh Anda. Kenali satu per satu di sini ya.


Meningkatkan Kualitas Otot Tubuh


Bersepeda adalah sebuah olahraga yang membuat seluruh otot tubuh bekerja. Ya, bukan hanya otot lengan, perut, atau kaki. Namun, semua yang ada di badan Anda.


Ketika bersepeda, Anda menggunakan seluruh bagian tubuh. Tak heran para pesepeda mampu mendapatkan tubuh ideal yang terlihat seimbang. Namun, perlu diingat bahwa hal ini bisa didapatkan kalau Anda bersepeda secara rutin, dalam durasi yang cukup.


Membuat Anda Bahagia


Kebanyakan orang mengira bahwa uang mampu membeli kebahagiaan, padahal, itu tidak cukup. Kebahagiaan bersumber dari diri Anda sendiri. Salah satu cara untuk mengeluarkan rasa bahagia itu adalah dengan berolahraga.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aktivitas fisik mampu melepaskan hormon endorfin yang berpengaruh terhadap suasana hati. Nah, selain melepaskan hormon endorfin, olahraga akan membahagiakan lantaran mata Anda dimanjakan oleh pemandangan yang tidak itu-itu saja.


Saat bersepeda, Anda berpindah tempat. Mata dan tubuh menjadi tidak jenuh, dan Anda pun akan merasa bahagia.


Mengurangi Risiko Osteoporosis


Semua olahraga memang baik buat tulang, tetapi, bersepeda adalah salah satu yang terbaik. Terutama, jika Anda mau melawan osteoporosis.


Penyakit ini adalah satu momok bagi kaum lanjut usia. Jika Anda ingin masa tua berkualitas, cegah osteoporosis sejak dini dengan makan makanan sehat serta bersepeda.


Saat bersepeda, postur tubuh akan terangkat dan tulang bekerja maksimal untuk bisa mengayuh pedal serta menjalankan sepeda. Ini membuat tulang jadi kuat. Namun, hindari bersepeda terlalu lama, karena tulang berpotensi mengalami cedera.


Mengurangi Kemungkinan Kanker Payudara serta Usus


Ketika Anda bersepeda, bagian otot dada dan perut bekerja secara maksimal. Nah, ini ada hubungannya lho dengan berkurangnya potensi kanker payudara dan usus.


Kinerja otot dada dan perut yang optimal bisa menyehatkan organ-organ terkait, contohnya lambung, usus, dan tentu saja bagian payudara. Dengan begitu, berbagai penyakit pun tidak akan mudah untuk menyerang.


Membakar Kalori Secara Optimal


Tahukah Anda mengapa banyak orang yang memasukkan menu bersepeda dalam daftar rencana diet mereka? Bersepeda benar-benar mampu membakar kalori secara optimal.


Dilansir dari Fatsecret, bersepeda dalam kecepatan medium selama satu jam mampu membakar kalori sebesar 393 kkal! Jumlah kalori itu setara dengan satu porsi nasi goreng lengkap dengan suwiran ayam!


Jika Anda makan dalam porsi wajar dan rutin bersepeda setiap hari selama satu jam, berat badan pun akan mudah untuk turun. Jadi, masih bingung bagaimana cara mengusir lemak tubuh? Salah satu solusi jitunya adalah bersepeda.


Membuat Paru-Paru Jadi Sehat


Sebuah penelitian dari Kings College London menyebutkan kalau orang yang bersepeda untuk pergi ke mana-mana memiliki paru-paru yang lebih sehat daripada mereka yang selalu naik kendaraan bermotor.


Pasalnya, saat bersepeda, angin tidak menghantam Anda dengan ekstrem. Ini tentu berbeda kondisinya dengan naik motor.


Saat naik motor, angin seolah menampar tubuh karena berada dalam kecepatan tinggi. Makanya, banyak masalah paru-paru terjadi pada pengendara sepeda motor.


Bagaimana dengan kendaraan roda empat? Kendaraan ini juga membuat paru-paru tidak sehat. Pendingin kendaraan membuat Anda rentan terkena paru-paru basah.


Bandingkan jika Anda bersepeda. Udara yang lewat tidak akan menghantam Anda, dan justru bisa membantu memperbaiki pernapasan. Namun, itu tentu kurang berlaku kalau Anda bersepeda di area penuh polusi, seperti di jalan padat, atau area pabrik.


Meningkatkan Fungsi Otak


Fungsi otak manusia sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke bagian kepala. Terlalu banyak berada di dalam ruangan atau bekerja menatap layar akan menurunkan fungsi otak, terutama di bagian daya ingat.


Orang-orang dengan ingatan sehat hingga usia tua adalah mereka yang memiliki aliran darah sehat. Tidak sulit mendapatkan hal ini. Cukup dengan berolahraga selama 45-60 menit, minimal seminggu sekali.


Saat Anda bersepeda, maka darah akan mengalir dengan lancar ke kepala. Ini dipengaruhi oleh posisi saat bersepeda dan juga kinerja otot yang dimaksimalkan dalam olahraga ini.


Bicycle Parking Area Grand Shamaya Untuk Menunjang Aktivitas Bersepeda


Gaya Hidup Sehat

Apakah Anda tinggal di Surabaya dan sedang mempertimbangkan untuk beli atau sewa hunian? Grand Shamaya merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda miliki.


Grand Shamaya merupakan apartemen bintang lima yang berdiri di area segitiga emas Surabaya. Kondisi ini membuat apartemen jadi tempat yang strategis. Anda tidak perlu bingung saat akan berangkat kerja atau mencari sarana prasarana penunjang kehidupan : semuanya ada, mengelilingi Grand Shamaya.


Selain lokasi, fasilitas juga menjadi alasan mengapa Grand Shamaya adalah hunian vertikal terbaik untuk warga Surabaya. Terdapat berbagai fasilitas yang akan memanjakan Anda. Mulai dari pertokoan, kafe, restoran, fitness center, unit eksklusif, taman yang hijau dan asri, Kids' Playground, sampai dengan area parkir sepeda.


Masalah yang sering ditemui penghuni apartemen adalah kurangnya dukungan developer dan pengelola dalam penerapan gaya hidup sehat. Kebanyakan developer hanya berpikir tentang fasilitas parkir kendaraan bermotor. Ini tentu mempersulit para pecinta sepeda untuk menyimpan sepeda mereka.