BLOG

Memory of

a Lifetime.

  • bima

Profesi Freelance Ini Bisa Hasilkan Uang Melimpah dari Rumah

Diperbarui: 2 Apr 2020


kerja remote

Kerja remote alias freelance belakangan memang sedang banyak digandrungi. Pekerjaan yang tidak mengharuskan seseorang untuk berada di kantor ini banyak dilakoni generasi milenial dan Gen Z. Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa di antara 129,36 juta orang yang merayakan Hari Pekerja Nasional tahun ini, ada setidaknya 5,89 juta yang merupakan pekerja lepas.


Selain membebaskan kamu untuk memilih lokasi kerja (bisa di rumah, di kafe atau di coworking space), bekerja freelance juga memungkinkanmu mengatur jadwal dan penghasilanmu sendiri. Jadi kata siapa kalau di rumah tidak bisa menghasilkan apa-apa? Simak 3 profesi yang bisa kamu geluti sembari kerja remote?


Web atau Mobile Developer


kerja remote

Hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan IT memang menjanjikan penghasilan yang menakjubkan. Apalagi saat ini semakin banyak perusahaan yang go digital. Kesempatan seorang web atau mobile developer untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka luas.


Karena hampir semua aktivitas bekerja dilakukan lewat komputer, banyak web dan mobile developer memilih bekerja secara freelance. Menyelesaikan proyek-proyek besar bahkan bisa menghasilkan gaji berlipat-lipat dari pada seorang developer yang bekerja kantoran.


Penulis atau Editor


kerja remote

Punya kemampuan menulis yang mumpuni? Jangan sia-siakan kesempatan untuk menyulap skill-mu menjadi uang. Saat ini ada banyak perusahaan yang memerlukan penulis untuk situs perusahaannya. Baik itu sebagai content writer atau copy writer. Kalau bisa menulis tetap, kamu bahkan bisa dapat gaji bulanan tanpa harus masuk kantor.


Selain menulis, keahlianmu juga bisa kamu gunakan untuk membuka jasa editing. Penghasilannya juga tidak kalah menggiurkan. Asal kamu pintar mempromosikan diri, pekerjaan akan datang tanpa henti.


Fotografer


kerja remote

Fotografi merupakan salah satu skill yang sangat berharga saat ini. Kalau kamu punya bakat memotret dan memiliki perlengkapan yang memadai, berburu foto di waktu senggang pun bisa mendatangkan uang. Caranya cukup dengan mendaftar di situs-situs tempat penjualan foto online. Kamu tinggal mengunggah foto, menunggu seseorang membeli hak ciptanya dan mendapatkan royalti dari sana.


Ingin penghasilan yang lebih pasti lagi? Branding dirimu menjadi seorang fotografer khusus, tergantung spesialiasimu. Kamu bisa menjadi fotografer pernikahan, fotografer untuk pembuatan iklan, hingga fotografer khusus makanan. Bangun portofolio melalui situs dan media sosial untuk mendapatkan lebih banyak customer.


Internet memang memudahkan banyak hal. Termasuk bagi kamu yang ingin tetap memiliki penghasilan dari rumah. Selain 3 profesi di atas, masih banyak lagi opsi kerja remote yang bisa kamu pilih. Temukan apa yang paling sesuai denganmu dan hasilkan rupiah langsung dari rumahmu.